Masih banyak Gabus di Sui Berembang

Lama ga bikin posting nih, sibuk degan kerjaan dan sibuk mancing, hihihihihi... kadang sutrek kadang boncos kadang apes, lho ??? boncos ga dapet apa-apa, kalau apes, nyajen lure, nyangkut, putus sampe nyebur nyelamatin kodok...


kebetulan kemaren, liburan, jadi pagi pagi selepas bantu bantu nyonya rumah sekalian jadi tukang ojek ke pasar perum, jam 8 pagi cabut ke berembang, ke ke kanal tiga. kali ini aku masuk lewat perkampungan penduduk, parkir motor di pertigaan kanal lantas menyeberang lewat titian dari batang pohon kelapa. 

Lewat muara pertigaan kanal aku mulai lempar lemapar. Air sedang pasang surut, jadi walaupun warna
airnya agak kehitam hitaman, sekilas dasar kanal berlumur kadang kadang terlihat. Di beberapa titik malah lumpur udah timbul. 

Berbekal pengalaman beberapa bulan yang lalu, kalau ketemu kanal seperti ini, dengan kedalaman ga lebih dari satu meter, terus tepi tepi kanal banyak tumbuhan air, teratai dan semak semak yang menjulur ke tegah kanal, merupakan tempat ngumpetnya buruan, aku paling doyan gangguin target pake kodok kodokan type soft, gangguin terus titik titik semak yang mencurigakan, lama lama ngamuk juga gabusnya. Sayang, dua kali sambaran mosel terus. Kuperiksa, ternyata hook kodok mugilku udah tumpul.

berganti kodok kayu buatanku sendiri plus kipas di depannya, aku lempar ke seberang, ketengah dan kemana saja, beujung pada landednya seekor gabus segede lengan. Setlah puas bernarsis ria dengan hp bututku, gabus kulepaskan lagi, sayang si kotekers cilik ga nampak ni hari ini

hampir satu jam lempar lempar, aku istirahat sejenak di bawah pohon jengkol, hehehehehe, sayang lagi ga musim, ngepul dan minum pocari sweat, nelpon kesana kemari mumpung dapet bonus gratisan. Setelah istirahat kurasa cukup, aku melajutkan lagi lempar-lempar, pada lemparan ketiga sebuah sambaran dahyat mengagetkanku. Reflek joran kugetak... dan tesssssss..... PE putus... Aku cuman bengong sembari memperhatikan riak air yag ditinggalkan si preman. Balik lagi ke bawah pohon jengkol, selonjoran, merenung nasib... kenapa hari ini aku sampai di bawah pohon jengkol ????

Kehilangan salah satu lure buatan tanganku tak menyurutkan langkah, setelah
membuat simpul baru dan pasang snap, kali ini mencoba kodok pabrikan, hinga ke bagian kanal yg airnya sedikit, landed tiga ekor gabus, semuanya kulepas kempali. Ga terasa hampir jam 10 pagi, panas matahari udah mulai menyegat, berbalik arah menuju muara kanal kembali sambil lempar lempar. Nyangkut di semak seberang kanal, kutarik-tarik... lagi lagi... putus. Walhasil, buka baju, buka celana... hahahaha, tetep pake daleman brow... nyebur dah ke kanal, sempet was was juga soalnya air kanal hitam kayak gitu, eh ternyata cuman seleher, sementara dasarnya dipenuhi lumpur, Aku jadi semakin paham, selain ngumpet di tepi tepi kanal yang bersemak, si gayus ini barangkali doyan juga ngumpet di tengah kanal menyamarkan diri dengan lumpur berwarna hitam kemerahan, air dan lumpur gambut khas Khas rawa kalimantan. Soalnya tadi ada dua ekor yaang nyambar dari tengah kanal...

Setelah puas mandi mandi air kanal kuputuskan menyudahi saja mancing kali ini, di samping udah siang, sepertinya PE yg ku pake memang udah uzur, udah rapuh dan cacat di sana sini. tepat jam 11 siang aku pulang tanpa bawa seekorpun gabus.


Jika anda merasa artikel di blog ini bermanfaat dan ingin berlangganan, silahkan masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini:


Delivered by FeedBurner


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...