Pulkam, sampe gabus 17 an

Baru sempet nih nyorat nyoret blog, sibuk om brow. Dari bulan puasa, pulkam lebaran, sampe balik lagi ke kota Khatulistia ini. Ada banyak cerita yang ingin aku bagi, namun mungkin ceritanya bakal meloncat ke sana kemari.

Di mulai dari perjalan pulkam ajah deh, berangkat dari Kota Povinsi jam 7 pagi, seperti biasa, pake motor revo, satu tas gede ditaroh di depan, si Zhia nangkring di sini. Tas casting plus 1 set tackle. Sementara Annisa udah duluan bareng neneknya numpang taxi.

Sampai simpang ampar Tayan, Ponakan isteriku nelpon, katanya lagi di meliau, belanja lebaran. Nah, ini moment pas fikirku buat melibas track baru Tayan - Meliau. Setelah berunding sejenak akhirnya isteriku mengiyakan untuk melanjutkan perjalanan melalui jalan Tayan-Meliau saja, bukan Tayan-Sosok, yang konon akhir akhir ini rusak parah, maklum aku jarang pulkam sekarang jadi ga update lagi keadaan jalan raya provinsi sampe ke kotaku.

Beruntung cuaca mendukun, jadi pas di tanjakan yg lagi diberagus sama alat alat berat, plus ada satu jembatan darurat, para pengendara mobil dan motor masih bisa lewat. Sampai di simpang pabrik sawit sempat kebingungan mencari arah. Tanya tanya penduduk setempat akhirnya kami sampai di jalan raya, jalan Meliau - Bodok.

Mengaso di warung tepi jalan, perutku bener bener udah kayak mau putus, tapi Alhamdulilah, hingga keponakan datang dan kami beranjak dari sana, aku masih kuat. Dari hasil negosiasi antara ponakan dan isteriku akhirnya istriku manut saja, kami bermalam di kampung ponakan.... Yessss.... Ini sebenarnya rencana awal antara aku dan ponakan, hahahahahaha...

menerobos belantara kebun sawit, akhirnya kami sampai juga ke tujuan. Istriarat sejenak, aku dan ponakan langsung kabur ke hulu kampung, target ikan lais tebiring. Apa daya, boncos ndan. Mumpung belum maghrib, kami kabur ke spot gabus, podo wae... boncoss.

Pagi-pagi besoknya, kami masih mencoba peruntungan di spot yang sama, lempar sana lempar sini, gonta ganti lure, gonta ganti gaya, tetap aja, cuman diketawain doank sama si Lais tebiring. Dari satu spot pindah ke spot lain, tetap aja... nihil...

Jam 9 pagi kami sudahi perburuan, karena memang kondisi aer lagi ngga bagus. Sekitar jam 11 kami beragkat lagi meneruskan perjalanan kemarin. Yani, ponakan siap mengantar hingga ke Sanggau, eh... rupanya cucuku si Yudha yg baru berumur 2 tahun lebih (hahahaha... ga sadar ya, kalau aku ini udah di panggil kakek) ingin ikutan juga. Yudha, putranya Wiwit, wiwit ini adiknya yani, ponakan, jadi anaknya ponakan, ya cucu...

Menelusuri area kebun Sawit di tepian Sungai kapuas yang kalau dulu cuman bisa kulihat dari arah kapuas, membuat ingatanku kembali ke belasan tahun silam... ketika masih remaja/bujangan. Aku sering ikut kesebelasan kampungku main bola hingga ke kampung kakak iparku ini, transportasi satu satunya buat rombongan kesebelasan kami, ya motor kelotok Wa Ameng, nah, aku suka sekali duduk di bagian atap motor kelotok, sambil berkhayal, suatu saaat aku pengen punya kebun sawit sendiri...

Halah... ngomong sawit pulak... sampai mana tadi, oh iya, berhenti sejenak. Lanjut perjalanan masuk kampung jonti, semerangakai mapai, dan seterusnya hingga kampung Sungai Batu, lantas tembus ke jalan Perusahaan HTI yg aku lupa namanya, dari logpon pemandangan ke arah kapuas benar benar membuat semua kenangan lama seakan terulang kembali...

Jalan yg dulu lumayan asik buat orang kampung macam saya, kini semakin parah kondisinya, Jembatan kayu pada bolong lantainya menyisakan pemandangan seram ke bawah. Tarik gas menyusuri jalanan yg separoh basah separoh lagi kering, meleati simpang Empaong kami berbelok ke kanan, kembali perkebunan sawit kamnjadi sajian, terus hingga tembus ke kampung liku. Sampi di depan gerbang Pemakaman Perintis, Aku berhenti sejenak, di sini, pelabuhan terakhir Ayahndaku serta Putri pertamaku tercinta, Octavia Nursifa Dita. Sejenak kupanjatkan do'a kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, semoga keduanya mendapat tempat yang layak di sisiNya.

Sampai di Beringin, istirahat sejenak, sungkem dengan bunda. Kami melajutkan perjalanan menuju Kampung Balai Nanga, jalan, lagi lagi jalan... semakin indah di pandang mata, beberapa kali aku harus berjibaku mengendalikan revo agar tidak nyungsep ke dalam lobang yg menghiasai hampir seluruh jalan raya.

Sampai di Balai Nanga, aku dan Yani langsung kemas kemas tackle. Jam 3 sore ngacir ke bekas galian
tambang emas rakyat. lempar sana lempar sini, hanya Yani yg berhasil strike seekor gabus. Sementara aku, boncos total.

Berlebaran di kampung, suasananya sungguh sangat terasa, selesai sholat Id, rumah ibu mertua selalu penuh oleh kaum kerabat yang silih berganti bertamu. Aku aja hingga jam 11 siang baru ganti kostum, yang semula baju koko dan sarung beralih pake baju storm, hahahahahaha.... koplak, lebaran pake baju mancing,

Minggu, Aku udah harus pulang ke Pontianak, kali ini Revo dapat tambahan penumpang. Semula rencananya Annisa dan neneknya naik taxi, rencana berubah, Akhirnya Annisa ikut pake motor, Lewat Bodok terus ke Meliau, menyusuri jalan baru tepi kapuas terus ke Tayan. Jam 4 sore kami tiba di Pontianak, Nyampe di rumah di sambut bau busuk di kolong rumah, setelah ku selidiki, ternyata gabus peliharaanku di tong air yg ukurannya paling gede mati sia sia di kolong rumah. Setelah semprat semprot pake bayclin akhirnya bau busuknya sedikit berkurang.

bersambung ke bagian ke 2

Jika anda merasa artikel di blog ini bermanfaat dan ingin berlangganan, silahkan masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini: