Sangun Test Renang

Karena pada saat ngumpul ngumpul di pasteng temen-temen pada ga ada yg sempet mancing, walhasal bin walhasil, pagi sabtu selepas mengantar nyonya rumah nguber kangkung dan ikan asin di pasar Perum, aku berangkat sendiri ke spot sasaran. Namun, sebelum sampe ke tujuan, aku mampir dulu ke salah satu tanggul dimana dulu aku sering dapet kocolan. Tanggul itu juga salah satu tempat favoritku untuk test kodok loncat.

Sampe di klip air/pintu air, aku setting perangkat. Kali ini pengen lihat reaksi si Sangun kalau aku pake joran letur. Pilihan jatuh pada perangkat spinning. Rell Shimano Sienna 2500, joran ... hahahaha ... joran merupakan paduan dua brand dan jenis berbeda. Untuk butt, aku pake bosna spinning, sedangkan untuk ujung, aku pake ujungnya Battle-x, rod BC pertamaku .... jiakakakaka... aku sampe senyum sendiri memperhatikan rodku yang jadi aneh.
Satu persatu Sangun turun unjuk gusi. Alhamdulillah, kesemua speciment yang aku bawa hari itu sukses melewati test. Rata-rata pada loncat loncat, cuman 2 biji yg geleng geleng. Nah, si geleng geleng ini kupasangi double proppler ... hehehehe ...larinya jadi lurus, sayangnya ... kocolan pun pada berloncatan kabur ketakutan ....

Lagi asik asik lempar lempar, dateng seseorang sambil bawa arit. Alamak ??? kirain mo apa, taunya lagi nyari rumput di tepi kanal. Sambil ngobrol bareng beliau, aku terus lempar lempar Sangun. ternyata beliau seorang kotekers ... istilah di sini utuk pemancing yang menggunakan tegeg dengan umpan kodok hidup. Rupanya beliau punya jam terbang tinggi, konon udah nyoba juga negeg pake kodok plastik ... itu tuh kodok  plastik yang kecil kecil di jual perbungkus, terlalu ringan katanya, susah untuk mengarahkan si kodok, diakali dengan menambah timah pancing ukuran kecil ... mujarab juga katanya buat menipu gabus.

Dari beliau pula aku di tunjukin spot spot potensial. Ternyata, banyak kanal yang belum terexplore olehku. Setelah puas ngobrol, aku pamitan, beliau ku hadiahi sebuah kodok loncat dan sebiji soft lure. Aku tancap gas ke ujung kanal, sesuai pentujuk, setelah ketemu Masjid, aku belok kanan menyeberangi sungai lantas belok kiri. Kuputuskan melipat pancing dahulu, jalan jalan sampe ujung mana nih tanggul ... owah, ternyata berkilo kilo meter panjangnya, ini tanggul utama, belom lagi tanggul tangul priemernya... ratusan...

Melewati beberapa perkampungan, sampe ke ujung kanal, metok, jalan setapak doank, ga mungkin dilewati pake revo butuku. Karena jembatan penyeberangannya hanya berupa dua buah batang pinang. Aku putar haluan, balik lagi sampe ke dekat masjid tempat aku menyeberang tadi. Mampir di warung tepi jalan, istirahat sejenak. Pesan kopi dan makan roti kap ... Setelah istirahat kurasa cukup. aku berbalik arah lagi. Sampai di kanal priemer pertama, aku belok kanan, jalan tanah aseli ... becek. Pada satu titik, terpaksa dorong revo ... pegal wak. Setelah, selewati jalan yang lumayan extreme, ketemu spot pertama yang di informasikan Bapak tadi. Kanal di depan pondok, lapang, sepertinya baru dibersihkan. Sayangnya segerombolan bebek mondar mandir di tengah kanal ...bikin aku pesimis, biasanya, gabus ga betah kalau ada mentok atau itik berkubang. Ah PD aja ah, terlajur udah jauh masuk kedalam, belom lempar belom tau ada apa kagak ikannya. Entah pada lemparan keberapa, sekilas kulihat gelembung udara disertai riak air dan semak yag bergerak, ini target nih. Benar saja. Lemparan pertama langsung dapet sambaran ... jihaaaa... fish on ... Lumayan ... Gabus ukuran gede pemecah kebuntuan.

Timbul ide dikepalaku, nyobain  lagi kodok dengan double proppler. Kali ini pilihanku jatuh pada si gendut Kolor Ijo. Si Gagnam Style. Agak berat jadinya, tapi... lemparan lumayan jauh jadinya. Pada lemparan ketiga ... kembali sambaran datang dari arah rerumputan di sebelah kanan kanal ... dhuar ... sangun langsung lenyap ke bawah tanaman air .... kutarik perlahan, gabus meronta. Ah ga perlu ku sentak udah hookup nih... Karena ujung rod yang lentur ga kuat memaksa si gabus keluar dari belitan semak terpaksa kutarik pake tangan. Begitu gabusnya terbebas dari semak, langsung ngamuk ... joran melengkung degan indah hahahahaha... lebay ye ... drag kukendorkan lagi ... lumayan, hiburan buatku yang belum pernah naikkan ikan besar dengan tekhnik casting. Setelah puas bermain main dengan si gabus ... ku sudahi pertarungan.

Aku bergerak ke belakang pondok, aje gile ... barisan parit/tegalan berbaris rapi di depanku, sebagian udah dibersihkan, sebagian lagi masih penuh dengan teratai, kangkung dan tumbuhan air lainnya. Aku jadi bingung, apakan akan meneruskan perburuan dengan peluru Sangun di parit yang lapang, atau main soft frog di kanal yang masih alami. Udah ah, hari ini fokus main hard dulu lah...

6 buah parit berjejer memanjang, kira kira 50 meteran, di tanggulnya ada tanaman cabai, Kelapa dan beberapa pokok pohon jeruk sambal. Setelah permisi dengan yang punya pondok (pondok dalam keadaan kosong) ... aku mulai lempar lempar ... pesta strike pun dimulai ... tak terhitung sambaran mis dan mocel ... hingga siang aku udah ngga sanggup lagi meneruskan pertempuran karena air mineral @botol 2 liter dan satu botol pocari sweat udah habis... Aku cabut menuju pondok sambil menenteng satu kantong besar gabus ... hehehehehe ... hanya beberapa yngg sempat kuabadikan dalam handy saking asiknya meladeni kegarangan kocolan... Sampe di jalan, aku istirahat di dekat motor, beruntung masih ada stok sebotol air mineral lagi. Puas istirahat aku memilah milih gabus, hanya 7 ekor yang ku masukkan kembali ke dalam kantong, selebihnya, dengan berat di bawah 1ons kulepas kembali ke kanal depan pondok, semoga aman sampe gede dan ga terjamah strummer... tepat jam 2 siang aku cabut ...

Jika anda merasa artikel di blog ini bermanfaat dan ingin berlangganan, silahkan masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini: