Sipinnerbait pertamaku, akhirnya...

Spinerbait
Spinnerbait pertamaku akhirnya patah

Sepulang dari pasar tengah, aku memutuskan untuk mencoba action vibrate lure yang ku beli di toko Anto seharga Rp. 10.000,-. Namun, cuaca sepertinya kurang mendukung "membolos" nya aku siang ini. Tapi dasar karena aku orangnya obsesi buanged kali ya, nekad ajah turun meski hujan belum reda, aku yakin, soalnya langit di arah barat sana udah agak terang tampaknya, pertanda bahwa hujan di seputaran berembang dan sekitarnya udah berhenti.

Umpan Mancing Ikan Gabus
Ultimate Vibrate Lure
Dan benar saja, sesampainya di spot, tinggal gerimis doank. kebetulan lagi pasang surut, hanya saja, air di kanal nampak masih tinggi, mungkin karena hujan lebat tadi. Tanpa basa basi langsung setting piranti, Surecath Armatus dan Eupro Penulum 25 lbs siap beraksi. Pilihan langsung jatuh pada vibrate lure, warna merah putih. Dalam beberapa kali lemparan aku masih kesulitan melempar si red head, mungkin karena joranku agak kaku, atau pe 3 yg ku pake kegedean, atau bisa jadi si vibrate ini ringan. Panjang joran yang 198 cm di tambah si armatus yang rada berat dikit dari si blackmax, mau tak mau membuat aku beberapa kali harus mengatur drag. Hingga mentok ke ujung kanal, tak satupun gabus yang perduli dengan getaran getaran yang di timbulkan si read head. 

Ketika berbalik arah, lure ku ganti dengan ikan putih bikinan hinomiya, buseeeetttt.... 2 x lempar, dua duanya kusut.... Ada apa ini ??? Mungkin gaya lemparan harus ku rubah, memang ga lagi kusut, tapi lure ga bisa terbang jauh, begitu pula ketika umpan ku ganti dengan Sangun JF, Spinner, dan bebrapa lure lain, pasti paling tidak ada sekali pe jadi indomie.... 

Sampai ke titian kayu tempatku pertama melempar lure tadi, ada sambaran kecil dari kocolan, sayang ga kena, ku ganti lure dengan mini crank putih dari Bakau, eeeeeellhhhaaadaaallaaaahhhh.... pe malah makin sering kusut. 

Umpan Mancing Ikan Gabus
Xenon Spinnerbaits modisikasi
Aku lantar geber revo ke ujung kanal, menuju pintu air. Jiahhhhh... papasan dengan penjala ikan, Apa boleh buat, udah terlajur di spot, urusan rejeki, hanya Allah SWT yang tahu. Kita mah, selaku manusia, pokoknya usaha brow. Kalau boncos, ya udah, Sutrekkk... Alhamdulillah.

Di titik, dimana beberapa hari lalu si sangun orange sempet di sambar sama babon, aku beraksi. Karena di situ airnya agak dangkal, jadi aku main atas ajah, dari Hardforg utlimate dengan proppeler, seahwk torpedo warna putih yg biasanya ampuh buat bikin gayus marah, sampe Nabaw Buzzbaits buatanku, soft frog, hingga pencil Swan yang notabene jarang ku bawa karena actionnya ga jalan kalo pake joran 25 lbs, eh, hari ini bisa ku bikin goyang dobret alis WTD, setelah hooknya ku ganti pake hook yg agak kecil, nihil. Yang ada malah beberapa kali harus duduk manis di jok revo mengurai mie bihun produksi si armatus, hahahahahaha....

Setelah bergonta ganti lure dan berpindah pindah titik lemparan, aku baru sadar, kenapa dari tadi pe kusut mulu. Ternyata putaran untuk brakenya searah jarum jam, beda dengan si blackmax. Jadi kalau kita putar ke depan, remnya makin gede... (pintar siape yg di angkot... hahahahahaha...)

Mancing Ikan Gabus
Kocolan
Sepi di dekat pintu air, aku balik arah, ke tengah, dekat para petani yang lagi merontokkan padi dengan mesin. Sambil berpura pura mau pinjam korek api, aku membuka percakapan dengan salah satu dari mereka yang lagi istirahat. Dari beliau aku banyak dapet informasi seputar spot gabus di daerah situ, Setelah puas ngalor ngidul  sambil menikmati dua batang Djarum Black ( hhaaaaa... ???? Umild Mannnaaa... ) Aku kembali lempar-lempar sambil senyum senyum, pe ga kusut lagi, wkwkwkwkwk...

Dari situ aku berpindah lagi, kali ini aku menyeberang, meniti pematang sawah yang sengaja di tinggikan, dan akhirnya sutrek pertama hari ini berhasil menaikkan seekor gabus seukuran jempol kaki, setelah foto-foto, si gabus ku lepaskan lagi. Mungkin jam segini, si gabus mulai laper fikirku, kembali si Yosikawa beraksi. Baru dua kali lempar, si rumbai merah putih di hajar dari dalam air, reflek joran ku getak, dannn..... sutreeeekkkk.... luar biasa, jangan-jangan babon nih, penulum 25 lbs sampe melengkung. Umpan di bawa nyangkut sama si gabus, duhhh.... kutarik pelan pelan ga bisa lepas, dari ujung kanan, ujung kiri, sampe ke seberang, ga bisa juga. Tapi kalau tali ku tahan, masih terasa kedutan kedutan dari line. Mau nyebur, hiiiiii.... cuaca dingin begini... Akhirnya... kuputuskan untuk menarik pe perlahan, Eh... ternyata bisa. Kutarik hingga leader yakuza 30lbs kelihatan. 

Joran kuletakkan di atas rerumputan, konsentrasi menarik leader, meski cuman 30lbs, ternyata alot buanget. Buseeettt... taunya spinner nyangkut di batang kelapa, gabusnya... raib entah kemana. Aku terpaksa menunduk mencoba menggapai pangkal spiner, sayang ga sampai, Ku tarik tarik sekuat tenaga berharap ujung hook mempu menyobek kulit batang pohon kelapa tersebut. Tesssss.... spinner menghantam ujung topiku.... Ya Allah... kaget bukan kepalang... Nyaris masuk koran nih fikirku. 

Sejenak aku duduk di reruputan, menyalakan rokok, coba melawan dan mengusir ketegangan sambil ku raih si rumbai merah tadi. Ternyata... berakhir sudah riwayat spinnerbait pertamaku itu... hooknya patah.

Langit kembali gelap, perlahan gerimis kecil turun, Jam 17.00 Wib aku kemas tackle dan pulang...


Jika anda merasa artikel di blog ini bermanfaat dan ingin berlangganan, silahkan masukkan alamat email anda pada kotak di bawah ini:


Delivered by FeedBurner


Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...